Orlok Bukittinggi Agam Gelar Bimtek Pra Jota Joti Tahun 2023

Penanggung jawab station kegiatan JOTA di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam Suhardedi YB5DDE saat memberikan pemaparan

Orlok Bukittinggi Agam– Dalam rangka Jambore On The Air (JOTA) ke-86 dan Jambore On The Internet (JOTI) ke-44 gerakan Pramuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-22 Oktober 2023, Organisasi Amatir Radio Indonesia lokal (Orlok) Bukittinggi Agam menggelar pra JOTA JOTI di sekretariat Kwarcab XIII Kota Bukittinggi, Selasa (17/10/2023) diikuti seluruh anggota pramuka setempat.

Ketua dan pengurus serta anggota Orlok Bukittinggi Agam secara bersama-sama sebelum pelaksanaan JOTA JOTI tahun 2023 memperbaiki antena pemancar radio gelombang di sekretariat Kwarcab XIII Kota Bukittinggi yang nantinya akan dipergunakan anggota pramuka Penegak dan Pandega saat pelaksanaan JOTA JOTI.

Dijelaskan Ketua Orlok Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi-YB5AJO, maksud kegiatan ini untuk mengarahkan anggota gerakan Pramuka untuk lebih paham dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi positif dan sebagai sarana komunikasi yang efektif dan efisien bagi khususnya anggota Pramuka Kwarcab XIII Kota Bukittinggi dan Kwarcab Kabupaten Agam guna menyalurkan minat dan bakat juga meningkatkan keterampilan yang dilakukan melalui media radio amatir.

Anggota Pramuka juga ada kaitannya dengan penggunaan pemakaian gelombang radio amatir untuk memberikan dan menerima informasi melalui morse dan gelombang radio amatir. Sebagai induk organisasi radio amatir yang berada di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, tentunya Orlok Bukittinggi Agam berkewajiban untuk membina dan mengarahkan anggota Pramuka dalam hal penggunaan gelombang radio amatir secara baik dan benar.

Diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangan pengetahuan dan kemampuan Pramuka Penegak dan Pandega di bidang gelombang radio amatir dan mengasah pengetahuan tentang isu-isu Nasional dan global terkait perkembangan zaman juga melatih keterampilan komunikasi peserta didik agar mampu menjadi kader-kader pembawa perubahan dan mampu maju dan bersaing, ucap Syahrul Junaidi.

Sedangkan sebagai penanggung jawab station kegiatan JOTA di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Suhardedi-YB5DDE, menjelaskan penggunaan dan pemakaian gelombang radio amatir adalah pertemuan anggota Pramuka di udara dengan berkomunikasi (QSO) sehingga mengeratkan ikatan persaudaraan dan silaturahmi sesama anggota Pramuka di Kabupaten Kota di seluruh NKRI maupun internasional.

Dengan demikian terciptanya kader-kader gerakan Pramuka yang paham dengan proses pendirian stasiun amatir radio berikut segala perizinan dan penggunaannya, untuk tempat Stasiun Induk Pengawas dan Pengendali JOTA dengan callsign YH0S sedangkan untuk stasiun JOTA Kwarcab XIII Kota Bukittinggi dengan callsign YH5AKJ dan Kwarcab Kabupaten Agam dengan callsign YH5ATJ. Anggota Pramuka Kwarcab XIII Kota Bukittinggi yang mengikuti pra JOTA tampak sangat menekuni paparan yang disampaikan Ketua Orlok Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi-YB5AJO saat pembukaan pra JOTA dan Suhardedi-YB5DDE yang menjelaskan tentang penggunaan dan cara berkomunikasi menggunakan gelombang radio amatir. Inilah yang kami harapkan, agar kelak anggota Pramuka dapat memahami dan memaknai penggunaan serta pemakaian gelombang radio amatir, ucap Suhardedi-YB5DDE. (Iwin SB-YD5AKI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *