UNAR Tahun 2023 di Orlok Bukittinggi Agam, Lancar dan Sukses : Peserta Kewalahan Menjawab Pertanyaan Sangat Luar Biasa Sulit

Peserta UNAR foto bersama

Orlok Bukittinggi Agam– Alhamdulillah tugas yang diberikan Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang Provinsi Sumatera Barat untuk Organisasi Amatir Radio Indonesia lokal (Orlok) Bukittinggi Agam sebagai panitia pelaksana Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) berbasis online non reguler ke 2 tahun 2023, Sabtu (8/7/2023) di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, Ladang Laweh Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat, berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

Ketua Orlok Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi-YB5AJO, menjelaskan, UNAR ini diikuti sebanyak 24 orang peserta, untuk peserta dari Orlok Bukittinggi Agam sebanyak 15 orang tingkat siaga (YD) dan kenaikan tingkat dari YD ke penggalang (YC) 3 orang yang mendaftar dan 1 orang naik tingkat dari penggalang ke penegak (YB).

Pegendali frekwensi Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang Provinsi Sumatera Barat Syamsudin saat memberikan arahan

Melihat soal-soal non reguler yang diikuti peserta, tingkat kesulitannya untuk tingkat siaga (YD), penggalang (YC) dan penegak (YB) sangat luar biasa sulitnya. Sehingga agak kewalahan peserta menjawab pertanyaan, dan inipun diakui peserta yang mengikuti UNAR, dikatakan peserta tersebut soal-soal yang dihadapinya saat menjawab pertanyaan, memang sangat sulit sekali.

Lebih lanjut disampaikan Syahrul Junaidi, mungkin tahun depan kalau dipercayakan Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang Provinsi Sumatera Barat dan Orari Daerah (Orda) Provinsi Sumatera Barat, Orlok Bukittinggi Agam siap kembali menjadi tuan rumah panitia pelaksana UNAR. Melihat situasi kecenderungan dan peminatan dari rekan calon amatir radio sedikit mengikuti UNAR, barangkali karena belum ada shock therapy dari Balmon.

Suasana UNAR

Tapi jika diberikan shock terapy dengan mengadakan sweeping dan lainnya bagi pengguna perangkat gelombang radio amatir, mungkin akan meningkat peminatan mengikuti UNAR. Masalahnya pengguna perangkat gelombang radio amatir harus mempunyai Izin Amatir Radio (IAR). Kita juga tidak berharap adanya shock therapy, maka dari itu harus adanya kesadaran dari pengguna perangkat gelombang radio amatir untuk mengikuti UNAR.

Orlok Bukittinggi Agam secara prinsip tetap semangat memberikan sosialisasi, pencerahan-pencerahan di media ataupun di momen-momen tertentu yang mungkin bisa menarik simpati dari pengguna perangkat gelombang radio amatir. Ini adalah salah satu tanggung jawab moral sebagai pengurus Orlok Bukittinggi Agam, ucap Ajo.

Sementara itu Nofiarzi bidang kesekretariatan Orda Sumbar menjelaskan, peserta yang mengikuti UNAR non reguler ke 2 tahun 2023 diikuti dari Orlok Bukittinggi Agam, Padang, Pariaman, dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 26 orang, dan 2 orang tidak hadir mengikuti UNAR. Pada bulan Agustus 2023 UNAR reguler di kantor Balmon Kota Padang, jelasnya.

Sedangkan pengendali frekuensi Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang Provinsi Sumatera Barat, Syamsudin, mengatakan, awalnya peserta sebanyak 40 orang, tapi yang terdaftar terakhir pembayaran hanya sebanyak 20 orang tingkat siaga (YD), 3 orang kenaikan tingkat ke penggalang (YC) dan 3 orang kenaikan tingkat ke penegak (YB).

Tujuannya dilakukan UNAR adalah untuk mengurangi pengguna-pengguna perangkat gelombang radio amatir ilegal, kadang-kadang mereka ini belum paham bahwa Pemerintah telah mengatur frekuensi radio yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kegiatan Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk.

Diakui Syamsudin tentang kesulitan peserta UNAR, mungkin peserta belum mengenal sistem program Full Computer Assisted Test (CAT). Mengenai bahan soal-soal pertanyaan, memang ditambah sedikit biar kualitasnya semakin meningkat. Artinya perkembangan teknologi komunikasi sangat cepat, pungkas Syamsudin. Salah seorang peserta UNAR, mengharapkan untuk UNAR non reguler berikutnya, haruslah disesuaikan dengan bentuk soal-soal yang ada pada bank data soal-soal. Boleh dirubah untuk meningkatkan kualitas, tapi jangan terlalu jauh atau menyimpang dari bank data soal-soal yang ada. Kami harapkan nantinya ada perubahan untuk tidak terlalu sulit sekali menjawab pertanyaan soal-soal. (Iwin SB-YD5AKI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *