Partisipasi Aktif Orlok Bukittinggi Agam Pada JOTA JOTI Tahun 2022

Orlok Bukittinggi Agam- Alhamdulillah sesuai dengan rencana dari tahun ke tahun kegiatan JOTA JOTI sudah dijadikan agenda tahunan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, jadi pengurus Orari lokal Bukittinggi Agam berpartisipasi aktif mendampingi adik-adik Pramuka pada kegiatan tersebut mulai dari pembukaan tanggal 14 Oktober sampai penutupan tanggal 16 Oktober 2022 di Kwarcab XIII Kota Bukittinggi dan Kwarcab Kabupaten Agam.

Hal ini disampaikan ketua Orari lokal Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi-YB5AJO, Kamis (13/10/2022) di sekretariat Kwarcab XIII Kota Bukittinggi, saat pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) gelombang radio amatir.

Dijelaskannya sebelum berlangsungnya kegiatan JOTA JOTI tahun 2022, terlebih dahulu diadakan bimtek gelombang radio amatir untuk adik-adik Pramuka tingkat siaga, penggalang dan penegak. Dalam bimtek tersebut yang disampaikan pengurus Orari lokal Bukittinggi Agam, Suhardedi-YB5DDE kepala operasi tehnik sebagai pemateri, materinya setiap tahun sama, karena peserta bimtek setiap tahun berubah.

Tujuan bimtek ini adalah pengenalan menggunakan gelombang radio amatir, artinya secara keseluruhan seluruh adik-adik Pramuka yang ada di Kwarcab XIII Kota Bukittinggi dapat menguasai di bidang komunikasi radio. Diharapkan nantinya menimbulkan rasa hobi untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih inten, pengurus akan mengakomodir agar supaya adik-adik Pramuka dapat bergabung dengan Orari, ucapnya.

Sementara itu Suhardedi-YB5DDE pemateri bimtek dalam penyampaian kepada peserta adik-adik Pramuka tingkat siaga, penggalang dan penegak mengenalkan apa itu pengertian JOTA dengan menggunakan gelombang radio amatir, alfabet ucapan berkomunikasi, perbedaan gelombang radio amatir dengan radio pemancar nasional seperti Radio Republik Indonesia dan pemancar radio swasta, juga dengan android.

Dikatakan Suhardedi, pada perangkat gelombang radio amatir dapat digunakan pada daerah blotspot (daerah tertutup atau daerah sulit sinyal) tidak seperti android yang pengaruh dengan sinyal atau paket data, dan gelombang radio amatir ini dapat pula menjangkau ke seluruh dunia. Perangkat gelombang radio amatir praktis dapat dibawa dan digunakan. Lain halnya dengan radio biasa yang hanya dapat menangkap siaran radio saja, katanya.

Sedangkan Ilham Tanjung sekretaris Kwarcab XIII Kota Bukittinggi, mengatakan Alhamdulillah dalam kegiatan JOTA tahun 2022 didukung sepenuhnya oleh pengurus dan anggota Orari lokal Bukittinggi Agam dalam pemberian materi penggunaan gelombang radio amatir. Peserta bimtek diikuti sebanyak 60 orang, terdiri dari Pramuka tingkat siaga pelajar SD, penggalang pelajar SMP sederajat dan penegak pelajar SMA sederajat, hari ini Kamis (13/10/2022) pemberian materi dan pembukaan Jumat (14/10/2022) di halaman sekretariat Kwarcab XIII Kota Bukittinggi.

Kegiatan JOTA bukannya di tingkat Nasional saja, bahkan juga sampai tingkat Internasional. Pada kesempatan kegiatan JOTA, adik-adik pramuka dapat berkomunikasi menggunakan gelombang radio amatir dengan rekan-rekan Pramuka lainnya di seluruh daerah di Indonesia dan juga dengan rekan-rekan Pramuka yang ada di seluruh dunia. Dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung adik-adik Pramuka timbul rasa minat, berharap kedepannya adik-adik Pramuka yang mempunyai hobi dapat bergabung dengan Orari lokal Bukittinggi Agam. Ilham berharap setiap kegiatan-kegiatan dapat dibantu Orari lokal Bukittinggi Agam, seperti saat ini sudah sangat luar biasa bantuan dari Orari lokal Bukittinggi Agam, pungkas Ilham. (Iwin SB-YD5AKI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *